Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Beberapa Masalah Pada Pengelolaan Klub Motor

by Jinny

Hai Moladiners.. Apakah kamu memiliki masalah dalam mengelola klub motor-mu? Atau melihat pengurus klub motor-mu berjuang dengan masalah pengelolaan klub? Jika kamu pengurus klub, kami memahami rasa sulitnya. Tetapi jika kamu adalah anggota, harap pahami pengurus klub-mu. Ini adalah pekerjaan yang sangat sulit bagi mereka untuk melakukannya.

Ada beberapa ruang lingkup/metode yang dimiliki pengurus dalam berkomitmen untuk menangani klub mereka. Ruang-lingkup ini mungkin tampak mudah kelihatannya, tetapi melelahkan!

Sebelum kita mulai, saya harus mengulangi bahwa salah satu tujuan terbesar dari pengurus klub adalah menciptakan kegiatan dan mendorong anggota klub untuk berpartisipasi.

[product product=”Vespa S 125″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/vespa/Vespa_S_125_9938_57339_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/vespa/vespa-vespa-s-2017-matic-i-get-4-langkah-silinder-tunggal-dengan-3-katup-125cc?utm_source=vespa_s_125&utm_medium=blog_beberapamaslahpada_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dvespa_s_125″ price=”Rp. 1.432.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Dengan seluruh hasil pemikiran, berikut adalah beberapa ruang-lingkup pengurus yang  harus ditangani:

calendar

1. Pastikan bahwa anggota klub tahu agenda akan datang yang diselenggarakan oleh klub


Tanpa pengetahuan tentang kegiatan yang akan datang, Bagaimana klub bisa mengharapkan anggota untuk berpartisipasi di dalamnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa mereka tahu tentang kegiatan klub. Beberapa klub menaruh kalender kegiatan mereka di Facebook group, ada juga yang memberikan pengingat di whatsapp atau Blackberry dan banyak dari mereka melakukan keduanya.

Masalah dengan metode ini adalah bahwa, kalender di Facebook sering tertutup oleh banyak postingan Facebook baru-baru ini. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan menyematkan pos di bagian atas kelompok/grup Facebook, tapi, ini akan menjadi sulit bagi orang untuk melihat posting terbaru. Selain itu, kadang-kadang bahkan ketika posting di grup Facebook, tidak semua orang akan menerima pemberitahuan karena algoritma yang rumit dari Facebook. Oleh karena itu, pengurus memilih whatsapp dan blackberry sebagai bentuk yang lebih langsung untuk menyematkan pengingat untuk agenda acara mereka. Hal ini sangat membantu, namun, jika klub-mu aktif di group whatsapp / blackberry, pengingat acara akan dengan cepat tertimpa oleh pesan baru dan menjadi sulit untuk menemukan ‘detail acara’ jika anggota lupa acara mendatang. Pada akhirnya, anggota mungkin lupa tentang acara atau mereka harus terus bertanya pengurus tentang detail acara mendatang. Hal ini sangat melelahkan bagi pengurus untuk menanggapi terutama ketika ada banyak anggota di klub.

attendance

2. Melacak kehadiran


Hal ini sangat penting bagi pengurus untuk melacak yang menghadiri acara, sehingga, sebelum acara digelar mereka dapat mempersiapkan berapa banyak makanan atau seberapa besar tempat seharusnya disediakan. Kasus semacam ini biasa kita temukan pada acara ulang tahun klub dan beberapa undangan klub besar lainnya.

Namun, mendapatkan konfirmasi dari anggota biasanya sulit, bahkan jika pengurus bisa mendapatkan balasan dari mereka, pengurus harus secara manual melacak anggota menggunakan pena dan kertas. Selain itu, saya pikir bagian yang menyenangkan dari menghadiri acara adalah mampu mengetahui siapa anggota lain yang menghadiri juga, tetapi untuk mengetahui informasi itu, anggota harus mencari tahu ke pengurus atau bertanya ke teman-teman mereka di klub.

[product product=”Vespa GTS 150″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/vespa/Vespa_GTS_150_9934_88307_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/vespa/vespa-vespa-gts-150-2017-matic-4-strokes-single-cylinder-4-valves-150cc?utm_source=vespa_gts_150&utm_medium=blog_beberapamaslahpada_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dvespa_gts_150″ price=”Rp. 2.380.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Saat ini saya hanya berbicara tentang kehadiran pra/sebelum acara, bagaimana dengan kehadiran saat  event? Dari wawancara saya dengan beberapa anggota klub, saya menyadari bahwa mereka mengambil kehadiran anggota mereka di acara untuk melacak aktivitas dan partisipasi di tingkat klub. Mereka yang tidak aktif akan diturunkan atau ditendang keluar dari klub. Namun, sekali lagi, mereka menggunakan pena dan kertas untuk mencatat kehadiran dan mereka harus menjaga dokumen-dokumen ini dalam sebuah file untuk melacak keaktifan anggotanya. Hal ini dapat melelahkan untuk pengurus dalam hal pelacakan dan mempersiapkan dokumen dari para anggota di klub.

funds

3. Mencari kegiatan untuk klub yang menghabiskan sedikit dana


Masalah lain dari pengurus klub adalah harus benar-benar mengetahui tentang menemukan kegiatan yang menarik bagi anggota mereka dan dengan biaya yang sedikit juga. Saya tidak tahu apakah itu benar menjadi masalah bagi sebagian besar klub? Beberapa klub yang saya tahu, mereka memiliki pendanaan yang disebut dana klub. Setiap anggota menyumbang setiap bulan, untuk keperluan kegiatan klub. Kadang-kadang, pengurus akan menyimpan semua dana klub ini untuk digunakan pada saat ulang tahun klub mereka. Tetapi jika dana klub disimpan untuk ulang tahun klub, apakah pengurus juga kesulitan untuk mempersiapkan dana untuk kegiatan lain-nya?

Bagaimana mungkin kita bisa melibatkan anggota jika tidak ada kegiatan klub yang cukup mengikat? Masalahnya adalah benar-benar menemukan kegiatan yang murah atau bahkan gratis dan menarik. Ini benar-benar membuat  sakit kepala bagi sebagian pengurus. Mereka harus mulai mencari event mana klub dapat hadir atau membangun hubungan dengan klub lain dengan cara bergabung acara mereka dan berbagi biaya. Beberapa kegiatan yang menyenangkan dan murah, bisa juga dengan touring. Tapi bahkan touring membutuhkan banyak perencanaan dan itu bisa melelahkan bagi pengurus untuk merencanakan kegiatan touring yang baik. Masalah ini selalu ada dan saya benar-benar bisa membayangkan itu dari sudut pandang pengurus.

Setelah membahas semua masalah ini pengurus hadapi, saya merasa bahwa anggota harus lebih memahami nya dan membantu mereka mencari jalan keluar, jika memungkinkan. Berharap masalah mengelola klub ini dengan pengurus dapat diselesaikan segera agar klub pengurus dapat fokus untuk bersenang-senang dengan anggota mereka dan tidak akan terganggu oleh pekerjaan yang melelahkan akan peran mereka di klub.

[product product=”Vespa LX 125″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/vespa/Vespa_LX_125_9933_85990_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/vespa/vespa-vespa-lx-2017-matic-i-get-4-stroke-3-valves-single-cylinder-125cc?utm_source=vespa_lx_125&utm_medium=blog_beberapamaslahpada_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dvespa_lx_125″ price=”Rp. 1.362.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Ditulis oleh Jovin, cofounder of Moladin
di edit & translate oleh kusnanto
 
Moladin adalah aplikasi untuk klub motor. Dengan menggunakan Moladin, klub motor akan lebih mudah mengatur event. Moladin memiliki sistem absensi, event reminder dan juga kamu dapat dengan mudah mengundang klub motor lain ke event mu. Tidak hanya itu, kamu bisa mendapatkan rewards seperti gratis main futsal, disponsori ultah klub kamu, hanya dengan cara membuat event di Moladin. Dari pada membuat kopdar/touring tanpa reward, Bergabung dengan Moladin sekarang dan dapatkan hadiah nya!
 
Download Moladin di playstore, https://goo.gl/99Y5DT!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika